7 Tips Meningkatkan Penjualan Obat OTC

Secara umum obat berdasarkan regulasi dapat dibagi menjadi beberapa golongan diantaranya adalah obat bebas, obat bebas terbatas, obat keras, daftar obat wajib apotek (DOWA), narkotika, psikotropika, obat-obat tertentu. Hanya beberapa obat yang dapat dijual bebas tanpa menggunakan resep dokter diantaranya adalah obat bebas, obat bebas terbatas dan DOWA.

 

Obat yang dapat dijual bebas tanpa resep dokter ini sering disebut obat OTC (Over The Counter) selain obat yang dijelaskan di atas produk suplemen dan vitamin kimia atau herbal juga termasuk dalam OTC. Obat non-resep ini dapat menyumbang proporsi yang besar dalam omset yang didapatkan oleh apotek anda. Terutama untuk produk suplemen dan vitamin khusus yang dapat menjadi pengobatan tambahan pada pasien dengan penyakit kronis. Misalkan adalah kebutuhan suplemen hepatoprotektor (ekstrak kunyit) bagi pasien yang mengkonsumsi obat antituberkulosis yang bersifat hepatotoksik. Semakin banyak produk OTC yang berhasil anda jual maka akan meningkatkan volume penjualan total apotek anda. Hal ini akan meningkatkan pula omset atau pendapatan apotek. Berikut ini adalah 7 cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan penjualan obat OTC :

  1. Lakukan Penelitian Pasar

Tidak semua obat yang anda familiar bagi anda juga familiar bagi pelanggan apotek. Oleh karena itu dalam mengadakan produk OTC anda tidak hanya mengandalkan intuisi semata. Lakukan penelitian walaupun dengan cara sederhana, salah satunya adalah dengan mencatat produk apa OTC apa saja yang sering ditanyakan oleh pihak pelanggan dan tidak tersedia di apotekmu.

Telah menjadi suatu tradisi bahwa pasien datang dengan membawa sisa bungkus obat atau langsung bertanya nama dagang suatu obat OTC. Lakukan pendataan secara sederhana obat apa yang sering ditanyakan, mengingat obat OTC ini sangat banyak memiliki pilihan merk dagang. Misalkan untuk parasetamol, nama obat bebas dengan zat aktif yang sama sangatlah banyak dan umumnya terdapat pasien yang tidak teredukasi dengan baik sehingga enggan untuk menebus dengan nama dagang obat yang berbeda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hamacher Resource Group (HRG), obat alergi, flu batuk, vitamin, suplemen dan penahan nyeri dapat mewakili 43% dari total penjualan obat. Sehingga pekerjaan rumah anda selanjutnya adalah menentukan jenis obat beserta merek dagangnya yang digemari oleh masyarakat sekitar apotek anda.

  1. Gunakan Etalase Apotek untuk Promosi OTC

Gunakan etalase obat anda untuk memperlihatkan produk OTC anda. Letakkan etalase obat pada beberapa area apotek misalkan pada area yang berdekatan dengan konter resep sering dilalui atau menjadi pusat perhatian dari pelanggan. Lakukan percobaan perputaran lokasi OTC, obat OTC dengan peningkatan penjualan tertinggi anda letakkan pada tempat yang lebih terlihat oleh pelanggan apotek. Sedikit perputaran posisi obat dapat memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan apotek anda.

  1. Berikan Pelatihan  Staf Farmasi Untuk Mampu Merekomendasikan Obat OTC

Rekomendasi obat dari staf farmasi adalah kunci dalam meningkatkan penjualan obat OTC. Berikan pelatihan kepada staf farmasi untuk berani membuka percakapan kepada pelanggan dan menanyakan apa yang mereka cari dan apa keluhan yang ia alami. Setelah mendengarkan kebutuhan dari pasien maka staf farmasi akan dapat merekomendasikan pengobatan OTC penunjang lain atau bahkan dapat merekomendasikan obat untuk indikasi yang sama namun lebih efektif dan lebih besar margin keuntungannya.

Kemampuan staf farmasi ini dalam merekomendasikan obat ini harus anda latih dan adakan percakapan dengan mereka tentang obat OTC mana yang dapat direkomendasikan kepada pasien sesuai dengan keunggulan masing-masing obat OTC. Anda juga dapat memberikan insentif tambahan sebagai penghargaan untuk staf yang dapat menjual lebih banyak produk OTC tertentu setiap bulannya.

  1. Ciptakan Hubungan Pelanggan yang Kuat

Ciptakan hubungan yang nyaman dan kepercayaan pelanggan kepada pelayanan tim apotek anda. Berikan pelayanan yang ramah yang bersifat personal, pelanggan yang puas dengan pelayanan di apotek akan dapat melakukan transaksi secara berulang bahkan dapat merekomendasikan apotek anda pada kerabatnya.

  1. Siapkan Stok Produk Berkaitan Erat

Ketahui produk yang saling terikat satu sama lain, misalkan ketika pasien mencari obat antiseptik luka akan membutuhkan kain kasa dan lain lain. Sehingga tempatkan kain kasa dan obat antiseptik luka secara berdampingan pada etalase anda dan pastikan kedua stok tersebut tersedia.

  1. Jadilah Pelanggan Rahasia Apotekmu Sendiri

Anda dapat menilai apotek anda sendiri yaitu dengan datang sebagai pelanggan ke apotek dan sambil menanyakan kepada diri sendiri. Anggap ini bukan apotek anda, apakah anda akan terus membeli obat di apotek ini ?. Jika anda ragu-ragu dalam menjawab maka saatnya anda harus melakukan perbaikan di apotek misalkan dengan memperbarui dekorasi, menambah pencahayaan  dan lain sebagainya

  1. Dengarkan Pendapat Pelanggan Anda

Sudah menjadi tabiat manusia untuk senang didengarkan, jadikan nilai tambah apotek mu tidak hanya sekedar menjual obat namun juga menjadi pendengar kebutuhan pelanggan. Anda dapat menyediakan kertas untuk pelanggan menyampaikan saran untuk apotek anda atau anda dan staf apotek dapat menanyakannya langsung secara verbal.

Sekian 7 tips dari kami untuk meningkatkan penjualan obat bebas di apotek anda. Anda juga dapat meningkatkan pendapatan bisnis apotek dengan menggunakan aplikasi SwipeRx. SwipeRx merupakan aplikasi pengadaan apotek yang terpercaya dan bekerja sama dengan sejumlah PBF legal. Melalui aplikasi ini, anda dapat membandingkan harga satu jenis obat di setiap PBF. Kemudian juga terdapat beberapa program loyalitas yang menguntungkan anda seperti potongan harga dan hadiah menarik seperti emas batangan untuk anda yang berhasil mengumpulkan poin loyalitas.

Selain itu, pengadaan bersama SwipeRx juga cepat, obat dapat dikirimkan pada hari yang sama saat anda melakukan pemesanan bagi apotek. Jika anda ingin mengetahui informasi lainnya tentang bisnis apotek anda dapat membaca artikel-artikel kami sebelumnya dan bergabunglah dengan kami SwipeRx aplikasi digital pengadaan obat yang menawarkan jaminan 100% produk original dari PBF terpercaya, layanan pengiriman cepat, dan harga yang kompetitif. Daftarkan apotek di sini sekarang !

Berlangganan Newsletter

Artikel Lainnya