Inovasi Jitu Dalam Bisnis Apotek

Ketika menjalankan suatu bisnis maka kita dituntut untuk terus melakukan sebuah inovasi. Terlebih pada era persaingan ketat sekarang, sudah banyak bisnis apotek yang berdiri termasuk di wilayah pedesaan. Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan kelangsungan bisnis ini kita harus mengadakan suatu inovasi. Karena sekalipun jika kita menjadi pemimpin dalam bisnis apotek di suatu wilayah dan tidak melakukan inovasi maka produk dan strategi bisnis kita dapat ditiru oleh apotek lain. Sehingga melakukan inovasi menjadi suatu keharusan untuk seorang pengusaha, termasuk dalam usaha bisnis apotek. Berikut ini adalah tips inovasi dalam menjalankan bisnis apotek untuk Anda:

  1. Bergabung dengan Aplikasi Penyedia Layanan Kesehatan Online

Saat ini telah banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi yang memungkinkan ia berkonsultasi dengan dokter secara online ataupun aplikasi yang memungkinkan ia menebus resep tanpa harus menghabiskan waktu dengan pertemuan fisik dan antrian panjang di fasilitas kesehatan. Terutama saat pandemi COVID-19 seperti sekarang dengan meminimalkan kontak fisik maka minat masyarakat untuk layanan kesehatan online akan semakin tinggi.

Anda dapat memanfaatkan momen ini dengan membuka kerjasama dengan instansi penyedia layanan kesehatan online tersebut. Namun memang harus diperhatikan mengenai peraturan pelayanan obat secara online. Jangan sampai melanggar aturan yang sudah berlaku, misalkan adalah tentang pemberian obat antibiotik yang harus disertai dengan resep dokter.

  1. Jasa Pengiriman Obat Gratis

Anda juga dapat mempertimbangkan inovasi jasa pengiriman obat secara gratis untuk pelanggan-pelanggan tertentu. Misalkan anda menciptakan sistem member dengan ketentuan wilayah yang tidak jauh dari apotek. Maka program ini perlu dicoba, anda juga dapat menetapkan ketentuan minimal pembelanjaan produk untuk dapat menutupi biaya transport dan tetap mendapatkan margin keuntungan. Sehingga di mata pelanggan apotek anda menyediakan layanan yang unggul dan berbeda dengan apotek lain. Namun dari segi pemilik bisnis juga tidak menderita kerugian

  1. Layanan Pengingat Obat

Saat ini masih jarang apotek yang sangat memperhatikan kebutuhan obat pasiennya. Jika anda dapat menyediakan pelayanan pengingat obat misalkan pada pasien lanjut usia dengan pengobatan jangka panjang seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol dan lain sebagainya maka apotek anda akan tidak pernah sepi pelanggan minimal dari penerima layanan tersebut.

Anda dapat mengembangkan layanan pengingat obat ini secara sederhana dengan memiliki data nama, riwayat penyakit, jumlah penebusan obat dan nomor handphone pasien. Sehingga anda dapat menjemput bola terlebih dahulu jika obat pasien sudah habis dan sudah waktunya untuk menebus resep obat yang baru. Tentunya komunikasi dengan empati diperlukan dalam mengingatkan pasien tersebut.

  1. Memiliki Akun Sosial Media

Tidak dipungkiri lagi saat ini marketing melalui media sosial sangat berkembang pesat contohnya adalah dengan instagram ads atau facebook ads. Tentunya anda juga harus mematuhi ketentuan iklan bagi obat-obatan. Melalui media sosial ini anda dapat membangun pengetahuan calon pelanggan dengan apotek anda.

Selain itu, anda juga dapat memberikan konten edukasi dari apoteker untuk masyarakat awam dan melakukan kegiatan interaktif seperti live talkshow dan lain sebagainya melalui media sosial mengatasnamakan apotek Anda. Sehingga kepercayaan masyarakat dengan apotek anda dapat terbangun dengan baik dan dapat menarik pelanggan baru.

  1. Sediakan Tanya Jawab Apoteker Gratis

Saat ini masih jarang apotek yang menyediakan layanan konsultasi dan tanya jawab gratis. Jika sumber daya anda menyanggupi maka anda dapat berinvestasi dengan memberikan insentif bagi pegawai. Namun anda juga akan mendapatkan keuntungan melalui aktivitas ini yaitu sebagai kegiatan promosi apotek anda secara tidak langsung. Normalnya, manusia akan terbangun rasa loyalitasnya pada orang yang pernah membantunya. Sehingga menciptakan hubungan yang baik tidak akan pernah merugikan bagi Anda

  1. Pengadaan Obat secara Digital

Pengadaan obat secara digital dapat memudahkan anda dalam mengelola persediaan kefarmarmasian di apotek. Sebagai unit bisnis, tentunya persediaan obat di apotek harus dikontrol sedemikian rupa untuk tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Dengan aplikasi secara digital anda dapat melakukan perhitungan persediaan secara otomatis dan tidak khawatir  merugi akibat salah melakukan perhitungan.

Selain aplikasi pengadaan secara digital anda juga dapat melakukan inovasi dengan menggunakan aplikasi pemesanan obat secara digital melalui aplikasi SwipeRx. SwipeRx merupakan aplikasi pengadaan apotek yang terpercaya dan bekerja sama dengan sejumlah PBF legal. Melalui aplikasi ini, anda dapat membandingkan harga satu jenis obat di setiap PBF. Kemudian juga terdapat beberapa program loyalitas yang menguntungkan anda seperti potongan harga dan hadiah menarik seperti emas batangan untuk anda yang berhasil mengumpulkan poin loyalitas.

Selain itu, pengadaan bersama SwipeRx juga cepat, obat dapat dikirimkan pada hari yang sama saat anda melakukan pemesanan bagi apotek yang terletak di daerah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.Jika anda ingin mengetahui informasi lainnya tentang bisnis apotek anda dapat membaca artikel-artikel kami sebelumnya dan bergabunglah dengan kami SwipeRx aplikasi digital pengadaan obat yang menawarkan jaminan 100% produk original dari PBF terpercaya, layanan pengiriman cepat, dan harga yang kompetitif. Daftarkan apotek di sini sekarang !

Berlangganan Newsletter

Artikel Lainnya