Metode Pengadaan Terbaik untuk Meningkatkan Margin Bisnis Apotek

Pengendalian inventaris apotek merupakan kegiatan esensial pada bisnis apotek yang membutuhkan ilmu dan pengalaman. Sebagai apotek mandiri, Anda ingin mempertahankan berbagai macam stok yang tersedia, tetapi Anda juga ingin menjaga biaya pengadaan Anda serendah mungkin. Anda ingin meningkatkan perputaran inventaris, tetapi Anda tidak ingin layanan Anda menurun. Anda menginginkan diskon yang terkait dengan pembelian inventaris volume tinggi, tetapi tidak menginginkan biaya penyimpanan dari inventaris yang bergerak lambat atau usang.

Inilah mengapa Anda membutuhkan metode pengendalian inventaris apotek yang kuat.

Seberapa penting praktik terbaik pengelolaan inventaris apotek? Pertimbangkan fakta ini bahwa rata-rata apotek akan menghabiskan 68% dari anggaran pengeluaran bisnis apotek. Sehingga pengeluaran biaya dalam pengadaan ini harus dilakukan dengan bijak. Anda harus berani melakukan investasi pada sistem manajemen inventaris apotek, sistem ini akan menghasilkan bahkan perubahan 1% dalam biaya inventaris Anda dapat berdampak besar pada margin apotek Anda.

Beberapa keuntungan yang anda dapatkan jika memiliki metode pengadaan yang baik diantaranya adalah : 

  • Kurangi Biaya Pengadaan: Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan sediaan farmasi di apotek dapat membantu Anda memprediksi kebutuhan pasokan periode selanjutnya sehingga dapat membantu mengurangi biaya pengadaan, biaya pengangkutan, dan biaya lain yang terkait dengan alur pengadaan yang tidak terencana dengan baik.
  • Meningkatkan Layanan Apotek: Anda dapat memastikan memiliki banyak pilihan produk yang selalu tersedia saat pelanggan Anda membutuhkannya.
  • Memahami Kebutuhan Persediaan Apotek: Memahami kebutuhan persediaan Anda dapat membantu Anda memanfaatkan kelebihan stok dan jangka pendek
  • Meningkatkan Margin Farmasi: Kombinasi dari praktik terbaik inventaris apotek ini bersatu untuk membantu Anda menurunkan biaya per resep dan meningkatkan margin Anda.

Berikut ini adalah beberapa metode pengadaan terbaik untuk apotek anda :

Setelah Anda memutuskan untuk meningkatkan prosedur seputar sistem kendali inventaris obat Anda, apa metode kendali inventori yang tepat untuk Anda? Ada beberapa metode untuk dipilih :

  1. Metode Anggaran Open-to-buy (OTB): Membantu mencapai kontrol keuangan dengan mendasarkan keputusan pembelian inventaris pada anggaran inventaris yang ditetapkan untuk periode waktu tertentu.
  2. Metode Daftar Pendek: Metode ini memungkinkan pelaporan inventaris yang sederhana dan berjangka waktu pendek untuk sediaan farmasi dengan stok persediaan menipis di apotek Anda.
  3. Metode Min dan Maks: Dengan menetapkan persyaratan persediaan minimum dan maksimum untuk setiap persediaan farmasi, Anda dapat menjaga persediaan persediaan tepat di antara perkiraan tingkat permintaan.
  4. Metode ABC: Inventaris obat Anda dibagi menjadi tiga kategori A, B, dan C berdasarkan nilai setiap obat dalam kategori tersebut untuk memprioritaskan margin tinggi atau obat-obatan yang bergerak cepat. Obat golongan A adalah obat yang menghabiskan 80% dari anggaran belanja anda, obat B adalah obat yang menghabiskan 15% dari anggaran belanja, dan obat C adalah obat yang menghabiskan 5% dari anggaran belanja.
  5. Metode Kartu Pencatatan Stok: Metode ini adalah cara sederhana untuk memantau tingkat inventaris dan mencatat stok yang memerlukan pasokan ulang, tetapi menawarkan sedikit kemampuan untuk meramalkan kebutuhan pasokan di masa depan.
  6. Inventaris yang Dikelola Vendor: Metode ini menempatkan kendali inventaris Anda di tangan satu pemasok yang membatasi kemampuan Anda untuk menemukan diskon obat-obatan melalui beberapa pemasok lainnya
  7. Metode Just-in-time: Memesan just-in-time ketika inventaris Anda hampir habis membantu mengurangi keseluruhan inventaris Anda, tetapi dapat mengakibatkan biaya pengiriman atau pemrosesan yang lebih tinggi jika permintaan Anda sulit untuk diprediksi. Serta adanya kemungkinan obat terlambat datang ke apotek anda. Biasanya metode ini digunakan untuk obat dengan harga mahal dan kebutuhannya sedikit.

Seperti yang Anda lihat, tidak ada metode pengendalian inventaris yang sesuai dengan semua kebutuhan apotek Anda. Kontrol inventaris di apotek komunitas umumnya memerlukan kombinasi dari beberapa metode kontrol inventaris apotek ini untuk mendapatkan tampilan inventaris Anda yang lengkap dan teratur.

Untuk menentukan kombinasi yang tepat dari metode kontrol inventaris, mulailah dengan melakukan audit inventaris apotek untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kebutuhan dan tantangan bagi bisnis apotek anda.

Anda juga dapat meningkatkan kesuksesan bisnis apotek dengan menggunakan aplikasi SwipeRx. SwipeRx merupakan aplikasi pengadaan apotek yang terpercaya dan bekerja sama dengan sejumlah PBF legal. Melalui aplikasi ini, anda dapat membandingkan harga satu jenis obat di setiap PBF. Kemudian juga terdapat beberapa program loyalitas yang menguntungkan anda seperti potongan harga dan hadiah menarik seperti emas batangan untuk anda yang berhasil mengumpulkan poin loyalitas.

Selain itu, pengadaan bersama SwipeRx juga cepat, obat dapat dikirimkan pada hari yang sama saat anda melakukan pemesanan bagi apotek. Jika anda ingin mengetahui informasi lainnya tentang bisnis apotek anda dapat membaca artikel-artikel kami sebelumnya dan bergabunglah dengan kami SwipeRx aplikasi digital pengadaan obat yang menawarkan jaminan 100% produk original dari PBF terpercaya, layanan pengiriman cepat, dan harga yang kompetitif. Daftarkan apotek di sini sekarang!

Berlangganan Newsletter

Artikel Lainnya