Strategi Marketing Bisnis Apotek Yang Terbukti Efektif

Marketing atau pemasaran adalah aktivitas yang menjadi kunci kesuksesan sebuah bisnis. Begitupun dengan bisnis apotek, meskipun aktivitas marketing ini seringkali dilupakan oleh pemilik apotek. Marketing ini sederhananya adalah kegiatan mempromosikan apotek kita kepada para calon pembeli, sehingga calon pembeli ini datang dan membeli sediaan farmasi di apotek kita.

Suatu bisnis apotek yang baik seharusnya melakukan kegiatan marketing yang terstruktur dan juga dianggarkan setiap bulannya. Berikut ini beberapa strategi marketing yang dapat Anda coba terapkan di apotek diantaranya adalah :

  1. Marketing Farmasi Secara Mandiri
  • Iklan melalui media cetak

Walaupun pengguna media cetak saat ini sudah berkurang namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Anda dapat memasukan artikel mengenai proses pendirian apotek anda atau kiat-kiat kesuksesan apotek anda pada koran ataupun majalah lokal. Disana anda dapat menyisipkan konten promosi pada artikel tersebut.

  • Iklan Media Sosial dan Media Online lainnya

Media sosial media dan online ini adalah media iklan yang sangat pesat perkembangannya saat ini. Anda dapat memberikan konten edukasi pada platform media sosial yang tujuannya menciptakan kesadaran tentang brand apotek anda beserta keunggulannya

  1. Marketing Melalui Relasi dan Kegiatan Komunitas
  • Kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan dan Influencer 

Membangun kerjasama dengan pihak kesehatan lainnya seperti dokter, klinik dan puskesmas terdekat. Sehingga keberadaan apotek anda dapat diketahui secara luas dan juga membangun kepercayaan terhadap apotek Anda. Selain itu, anda juga dapat melakukan kegiatan edukasi atas nama apotek anda pada akun media sosial seorang influencer farmasi dengan membahas suatu topik farmasi.

  • Menjadi Sponsor Kegiatan Komunitas

Turut serta dalam mensponsori kegiatan komunitas di sekitar apotek juga dapat menjadi salah satu strategi marketing yang patut anda coba. Selain meningkatkan pengetahuan atas brand apotek juga dapat menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar anda.

 

  1. Marketing di Apotek
  • Pelayanan Kefarmasian yang Unggul

Menjadikan pelayanan kefarmasian yang unggul oleh staf farmasi merupakan salah satu strategi marketing secara tidak langsung. Pelayanan dengan rasa empati, cara yang ramah, serta memberikan solusi yang tepat pada pasien harus dilakukan dengan baik.

Bentuk komunikasi yang empati contohnya adalah  menanyakan keluhan yang dirasakan pasien dan mendengarkannya dengan baik serta memberikan solusi untuk semua keluhan yang dirasakan oleh pasien. Ketika pasien sudah puas maka kemungkinan ia untuk menjadikan pelanggan tetap akan lebih besar. Selain itu, pelanggan juga akan merekomendasikan apotek anda kepada kerabat terdekatnya.

  • Fasilitas Informasi Obat Gratis

Pemberian informasi obat secara gratis akan meningkatkan kepuasan pelanggan apotek. Terutama untuk saat ini, kebutuhan masyarakat tentang informasi obat lebih tinggi. Selain pemberian informasi yang gratis, juga harus memastikan kebenaran informasi obat yang kita sampaikan.

Karena jika informasi yang disampaikan salah, dapat menurunkan kepercayaan pelanggan terhadap apotek. Selain secara verbal anda juga dapat memberikan informasi obat melalui tulisan terutama untuk pasien lanjut usia yang memiliki masalah dalam mengingat informasi.

  • Display Obat di Apotek

Salah strategi marketing yang dapat dilakukan di apotek adalah dengan menampilkan display obat yang dapat menarik pelanggan untuk membeli. Pastikan produk OTC serta produk lainnya dengan kebutuhan tinggi mendapatkan paparan yang cukup kepada pelanggan apotek. Sehingga akan meningkatkan volume penjualan sediaan farmasi disamping obat resep yang akan ditebus

  • Menggunakan Teknologi dalam Operasional Apotek

Kerja sama dengan pihak yang menyediakan peresepan obat secara online dapat meningkatkan nilai jual apotek anda. Hal ini dikarenakan masyarakat lebih sering menggunakan aplikasi yang praktis dan tidak perlu mengantri ke dokter dan menebus obat. Sehingga menjadi partner digital resep akan menguntungkan.

 

  1. Diskon dan Promosi
  • Program Diskon

Program diskon ini tidak dapat menjadi program marketing utama, namun dapat dilakukan pada momen-momen tertentu. Namun anda juga harus melakukan perhitungan terlebih dahulu, jangan sampai karena mengadakan diskon obat anda mengalami kerugian. Anda juga dapat bekerja sama dengan pihak PBF untuk mendapatkan harga obat yang lebih murah, sehingga walaupun anda memberikan diskon maka anda tetap mendapatkan margin keuntungan produk tersebut.

  • Program Referral / Rekomendasi

Media marketing terakhir yang dapat anda coba terapkan di apotek adalah dengan menciptakan program referal atau rujukan. Singkatnya adalah dengan memberikan imbalan umumnya berupa produk gratis kepada pelanggan yang merekomendasikan orang lain untuk membeli obat di apotek anda. Namun sekali lagi anda juga harus mempertimbangkan kemampuan keuangan anda dalam menjalankan program rekomendasi ini.

Nah dari beberapa metode marketing yang tersedia, anda dapat memilih metode yang paling efektif dan memungkinkan untuk anda lakukan terutama dari sisi anggaran keuangan apotek anda. Kemudian anda juga dapat menggunakan teknologi yang memudahkan pengadaan apotek anda terdapat aplikasi SwipeRx. SwipeRx merupakan aplikasi pengadaan apotek yang terpercaya dan bekerja sama dengan sejumlah PBF legal. Melalui aplikasi ini, anda dapat membandingkan harga satu jenis obat di setiap PBF. Kemudian juga terdapat beberapa program loyalitas yang menguntungkan anda seperti potongan harga dan hadiah menarik seperti emas batangan untuk anda yang berhasil mengumpulkan poin loyalitas.

Selain itu, pengadaan bersama SwipeRx juga cepat, obat dapat dikirimkan pada hari yang sama saat anda melakukan pemesanan bagi apotek yang terletak di daerah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.Jika anda ingin mengetahui informasi lainnya tentang bisnis apotek anda dapat membaca artikel-artikel kami sebelumnya dan bergabunglah dengan kami SwipeRx aplikasi digital pengadaan obat yang menawarkan jaminan 100% produk original dari PBF terpercaya, layanan pengiriman cepat, dan harga yang kompetitif. Daftarkan apotek di sini sekarang !

 

Berlangganan Newsletter

Artikel Lainnya