Penting Banget! Ini Jenis Obat yang Harus Ada di Rumah Anda!

Swipers, menjaga kesehatan dari masing-masing anggota keluarga adalah hal yang sangat penting. Terlebih, terdapat beberapa penyakit yang paling umum menyerang anggota keluarga yang ada di rumah, seperti sakit kepala, batuk pilek, pegal-pegal, terkena gigitan serangga, dan lain-lain. Tetapi, penyakit ringan tersebut dengan mudah dapat ditangani dengan mudah jika Anda menyediakan obat-obatan yang harus ada di rumah.

Lantas, apakah Anda sudah mengetahui apa saja obat yang harus ada di rumah Anda? Pada artikel ini, Anda akan mengetahui 5 jenis obat yang harus ada di rumah Anda untuk mengobati penyakit ringan yang menyerang anggota keluarga Anda. Simak sampai habis ya, Swipers!

Parasetamol

Parasetamol adalah jenis obat yang harus ada di rumah Anda. Obat ini dapat mengurangi gejala demam hingga meredakan rasa sakit, yang memang sangat umum dialami oleh seseorang di dalam suatu keluarga. Obat ini ada dalam bentuk tablet untuk orang dewasa dan juga sirup untuk anak-anak.

Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, maka obat parasetamol menjadi obat yang penting untuk disediakan. ini karena anak yang masih kecil sering mengalami demam karena kekebalan tubuh yang belum sempurna. Namun, parasetamol dapat berbahaya jika dikonsumsi secara secara berlebihan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memeriksa dosis yang tepat ketika ingin mengonsumsi parasetamol.

Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat yang harus ada di rumah Anda yang kedua adalah obat penghilang rasa sakit. Meskipun sebagian besar obat penghilang rasa sakit memerlukan resep dokter, tetapi Anda dapat membeli obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen. Obat penghilang rasa sakit dapat meredakan nyeri otot, keseleo, dan juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri ketika sedang haid.

Obat penghilang rasa sakit tidak dapat digunakan oleh orang-orang tertentu, seperti penderita tukak lambung atau duodenum. Setelah itu, obat penghilang rasa sakit harus dikonsumsi setelah makan bila memungkinkan, karena dapat menyebabkan iritasi pada perut jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Bila Anda mengalami gejala sakit perut setelah mengonsumsi tablet Ibuprofen, maka hentikan penggunaan obat tersebut.

Antasida

Obat-obatan dengan jenis antasida merupakan obat ketiga yang harus ada di rumah Anda. Obat ini membantu meringankan gejala-gejala gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anggota keluarga seperti peningkatan asam lambung. Terdapat beberapa jenis antasida yang dapat Anda beli, seperti Natrium Bikarbonat, Magnesium Trisilikat, Aluminium atau Magnesium Hidroksida.

Antasida bekerja dengan menetralkan asam lambung di dalam perut. Namun jika gejala asam lambung yang anggota keluarga Anda miliki lebih parah, maka disarankan untuk mengonsumsi obat yang lebih kuat untuk mengurangi kadar asam lambung di perut, seperti Ranitidine. Pengonsumsian Antasida secara teratur juga harus dikonsultasikan secara langsung dengan dokter.

Krim Hidrokortison

Krim Hidrokortison merupakan jenis obat yang termasuk ke dalam steroid ringan, yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Krim Hidrokortison menjadi obat yang harus ada di rumah Anda karena obat ini penting untuk mengobati serangan serangga, radang kulit, dan kemunculan eksim.

Krim hidrokortison tidak diperbolehkan untuk digunakan di bagian wajah, kecuali diresepkan oleh dokter khusus untuk digunakan pada area wajah. Bila Anda mengalami gatal-gatal atau kering pada kulit, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terkait dengan penggunaan Krim Hidrokortison.

Antihistamin

Jenis obat Antihistamin menjadi obat yang harus ada di rumah Anda terakhir di dalam daftar ini. Jenis obat ini dapat meringankan gejala demam dan alergi lainnya, seperti gatal-gatal, mata berair, bersin, dan pilek. Setelah itu, Antihistamin juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat sengatan tawon atau lebah.

Beberapa obat Antihistamin dapat menyebabkan rasa kantuk, sehingga disarankan untuk mengonsumsi obat ini sebelum tidur. Antihistamin juga bisa didapatkan dalam bentuk krim, yang dapat dioleskan pada luka sengatan atau gigitan.

 

Swipers, itu dia daftar 5 jenis obat yang harus ada di rumah Anda. Sediakan obat-obatan ini sebagai bentuk antisipasi kesehatan anggota keluarga Anda. Untuk pengusaha apotek, obat-obatan tersebut termasuk ke dalam jenis obat high demand, jadi penting untuk menyediakannya di apotek Anda.

Tentu saja, kelima jenis obat-obatan ini tersedia di aplikasi SwipeRx. Anda dapat menggunakan fitur SwipeRx Belanja untuk memesan sediaan obat yang harus ada di rumah dan obat-obatan lainnya dengan promo dan gratis ongkos kirim! Usaha apotek Anda akan meraih lebih banyak cuan! Yuk download aplikasi SwipeRx di Google Play Store dan App Store. Klik di sini untuk mengetahui SwipeRx Belanja lebih lanjut.

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy

Tantangan Apoteker Di Rumah Sakit UI

Hayo hayo siapa yang suka kepo bagaimana kehidupan apoteker di rumah sakit? 🙋🏾‍♀️🙋🏼‍♂️ Nah, karena